Tuesday, June 12, 2018

Macro VBA Excel Ch 1: A. Introduction to VBA Excel

 A


Hai bro n sis! Pernah nggak sih kamu ngerasa bosen sama kerjaan rutin yang narik data, benerin data, nge sort, nge filter, nge pivot, dan kegiatan rutin lainnya yang berhubungan sama Microsoft Excel?


Pernah nggak ngerasa pingin nge delete file itu supaya nggak perlu dikerjain?
Gue sih pernah, tapi tiba tiba keinget kalo karma itu ada.
Gue takut kalo gue delete file ini sekarang, besok nama gue yang di delete HRD.
(Just kidding. Hehe. . . )


O ya, background gue Accounting, jadi berhubungan banget sama namanya ngolah data. Data yang gw olah sifatnya massif karena gw kerja di salah satu perusahaan terbesar di Indonesia, yaitu PT Astra International, Tbk.


Sekali narik data, seenggaknya ada 300 ribu row & column A - AU yang harus gue olah. Row itu baris yang turun ke bawah ya guys, dan column itu baris yang ke samping. Jadi total ada sekitar 14 juta cell yang harus gue olah dalam 1 file, dan kabar buruknya, semua cell itu keisi! Itu baru 1 file guys. Sekali ngolah data, gue biasanya mendownload dari sistem sekitar 10 - 15 file. Rasanya mau mati aja liatnya. ðŸ˜‚😂



Gambar Ilustrasi Row, Column, Cells


Data sebanyak itu baru bagian gue lho guys. FYI aja, accounting tempat gue itu ada sekitar 70 orang. Dann mereka pasti ngerasain hal yang sama dengan gue. Makanya nggak jarang kalo pas closing, kita pada lembur lemburan.


Akhirnya gue memutuskan untuk belajar VBA Macro Excel (biasa disebut Macro Excel) dari orang tua gue. Akhirnya gue pulang kampung, trus belajar dari Mbah Google dan Budhe Youtube. wkwk. Jadi gue BELAJAR SENDIRI guys. Sekarang gue cukup aktif bikin Macro. Tiap bulan pasti ada aja Macro yang gue buat. Gue ngerasa sekarang kerjaan gue lebih jauh lebih enteng, lebih akurat, lebih cepat, bahkan 60% LEBIH CEPAT daripada dulu manual.



Menurut gue ada beberapa syarat mutlak untuk bisa bikin Macro:

1. Nggak perlu ngerti ngerti amat bahasa program karena bahasanya simpel
2. Pemalas karena abis bikin Macro, lo bakal ngerasa kerjaan lo itu EZ alias easy
3. (Sangat Penting) Udah lama banget menggunakan Microsoft Excel.Yaaa minimal 3 bulan berturut turut pake Microsot Excel. (Itu lama nggak sih? 😂)


Catatan penting guys: Programnya harus Ms Excel. Kalo lo pada pake kayak Google Docs, OpenOffice, gue hands up guys, nyerah . . . . 

Docs, OpenOffice, gue hands up guys, nyerah . . . . 


Buat yang mau tau lebih lanjut, boleh cek ke video berikut:





Di Postingan gue yang ketiga (Chapter 1C), gue bakal share file macro di video diatas.
Soalnya kalo gue share sekarang percuma aja, temen temen juga ga bakal bisa jalanin. Hehehe.

Ini 2 postingan gue selanjutnya:

Ch 1B: Cara munculin Developer Tab
Ch 1C: Cara Enable Macro

See you on next post guys!



Back To Daftar Isi