Thursday, June 21, 2018

Macro VBA Excel Ch. 1: D. Record Macro


Berbeda dengan blog blog lain, tulisan di blog ini sifatnya original guys. Gue ga copas dari manapun. Pembahasan gue sifatnya bakal less theory, more practice karena menurut pengalaman gue, lebih enak praktek langsung daripada belajar teori nya dulu guys. Tapi sebelumnya gue mohon maaf kalau ada kata kata / bahasa yang kurang berkenan.

Gue belajar Macro secara otodidak, dan gue mau share gimana caranya supaya kita bisa belajar Macro secara otodidak.

Dulu waktu pertama kali belajar, 3 jam pertama gue banyak baca baca artikel di Google. Trus biasanya ada rumus rumus yang gue ga ngerti (Sebenernya semua rumusnya gue ga ngerti. Hehehe.) Gue terus nyari rumus yang kira kira manusiawi untuk dipahami, tapi nggak ketemu ketemu. Paling ketemu 1 2 rumus yang gue ngerti. Misalnya:


Range (“A1”).Select
Selection.Copy
Range (“A2”).Select
ActiveSheet.Paste


Rumus diatas cuma buat copas isi A1 ke A2. Itu juga gue ngerti karena ada tulisan “Copy” sama “Paste”. Hehehe.

Tapi pencarian gue berakhir guys ketika gue nemuin fitur “Record Macro”. Waktu gue nemuin fitur ini, mata gue langsung kinclong. Dalem hati gue ngegumam “Wah keren amat fitur ini. Gue bisa bikin Macro pake ini!”

Kenapa gue ngegumam kayak gitu?
Soalnya fitur Record Macro itu kayak ngerekam setiap pergerakan kita di excel.

Gambar Record Macro


Yuk liat video dibawah untuk lebih jelasnya:






Abis nonton video, jangan lupa dipraktekin ya guys, dicoba coba sendiri di computer kamu. Coba klik record trus lakuin sesuatu (ngetik, copy, paste, dll)


Inget, kalo kamu salah buat macro, komputermu ga bakal meledak! Hehehe. Jadi jangan takut buat nyoba.

Di pembahasan selanjutnya, gue bakal share gimana cara bikin Macro pertama kita.
See you on next post!! J