Wednesday, June 27, 2018

Macro VBA Excel: Cara Memilih Cell Paling Bawah



Hello guys!
Di postingan kali ini gue mau share cara milih cells paling bawah.

Keep in mind, bahwa ada banyak jalan menuju Roma, dan yang gue share kali ini hanya salah satunya.

Biasanya gue dihadapkan pada 3 kondisi:

1. Tidak ada cell kosong pada gugus data










2. Ada row yang kosong pada gugus data










3. Ada cell yang kosong pada gugus data tapi ada 1 column yang pasti terisi










Umumnya, rumus yang sering gue gunain:

Range("D1048576").End(xlUp).Select
   
Rumus itu gabungan dari:
Range("D1048576").Select
Selection.End(xlUp).Select

Notes: “D” itu kolom yang mau diambil.


Pada kondisi tertentu, gue suka pake rumus:

Range("D" & Range("B1048576").End(xlUp).Row).Select

Notes: “D” itu kolom yang mau diambil, “B” itu kolom yang pasti terisi.


Untuk lebih jelasnya, yuk ke video berikut:




Sudah berhasil milih cell paling bawah?
Congratz ya guys. . .

See you on next post! :)